Pages

Selasa, 08 November 2011

Tipe Pribadi Manusia



Pada dasarnya manusia memiliki 4 unsur utama pembentuk kepribadiannya. Tapi dari keempat itu, tetap ada satu yang lebih menonjol dari ketiga lainnya. Keempat tipe itu adalah sanguinis, koleris, melankolis dan phlegmatis. Saya termasuk orang yang cukup tertarik dengan hal-hal seperti ini. Kemarin saya baru membaca sebuah buku yang berjudul Personality Plus karya Florence Littauer. Dari buku ini saya menjadi sedikit lebih tahu tentang tipe-tipe pribadi manusia. Di kesempatan ini saya mau berbagi sedikit tentang 4 tipe pribadi manusia. Penasaran anda termasuk tipe pribadi yang mana? Are you Sanguine?Choleric?Melancholic?or maybe Phlegmatic? Let’s check it out..

Sanguinis yang Populer
Sanguinis yang Populer memasuki pesta dengan mulut terbuka , mencari pendengar. Sementara dia bicara dengan ribut untuk menarik perhatian terhadap kedatangannya , tangannya selalu bergerak. Kalau Sanguinis yang Populer harus duduk , dia akan menggeliat-geliat , mengetuk-ngetukkan kaki , mengetuk-ngetuk dengan jarinya---apaa saja dan bukannya duduk diam-diam.
Dia tidak bisa hanya beristirahat diam-diam dan rileks. Dia selalu mencari pendengar berikutnya dan akan meninggalkan Anda di tengah-tengah cerita Anda yang paling bagus untuk berlari menghampiri seorang teman lain yang baru saja masuk. Dia bahkan tidak menyadari bahwa dia berlaku kasar karena dia tidak mendengarkan dan tidak memperhatikan bahwa Anda sedang bicara. Dalam pesta , orang Sanguinis yang Populer akan berpindah-pindah dari satu kelompok ke kelompok lainnya , dan tingkat kebisingan akan menunjukkan di mana dia berada. Wanita Sanguinis yang Populer akan masuk dengan pelukan , ciuman , pekikan , dan suara tertawa , dan sementara dia bicara , dia akan memegangi tangan pendengarnya erat-erat , supaya tidak lari sebelum dia sampai ke kalimat penting. Kalau Anda melihat orang yang bersuara keras , suka bicara , dan penuh semangat hidup memasuki ruangan , mungkin Anda melihat seorang Sanguinis yang Populer.
Sanguinis yang Populer bicara secara ekstrim dan bersemangat tanpa perlu ada hubungannya dengan kebenaran. Sanguinis yang Populer merasa bahwa kalau dia mendengar cerita yang membosankan yang harus diteruskannya , merupakan hal yang logis baginya untuk sedikit membesar-besarkannya , sehingga Anda akan mendengar kisah dalam bentuk yang lebih baik daripada ketika dia menerimanya.
Apa pun yang dikatakan oleh sanguinis yang Populer , itu akan dibesar-besarkan dan menyenangkan , dan Anda tidak akan mendapat kesulitan mendengarkannya. Begitu Anda melihat seorang Sanguinis yang Populer , Anda bisa membuat keputusan yang cepat. Kalau anda ingin dihibur , Anda boleh tetap tinggal. Kalau Anda sendiri ingin bicara , cepat-cepatlah lari ke ruangan lainnya dan menemukan seorang Phlegmatis Damai yang pediam dan akan mau mendengarkan.
 


Koleris yang Kuat
Orang Koleris yang Kuat , seperti Sanguinis yang Populer , merasa sulit untuk rileks , dan dia cenderung suka duduk di tepi kursi , menunggu suatu tindakan. Obrolan ringan biasanya merupakan pembuangan waktu yang sia-sia bagi orang Koleris yang Kuat , dan kalau percakapan buka tentang bisnis atau sesuatu yang bisa diluruskannya , dia lebih suka tidak bicara sama sekali. Kalau orang Koleris yang Kuat melihat sesuatu yang diinginkannya , dia cenderung langsung meraihnya, tanpa memintanya lebih dulu, dan mungkin dalam proses itu dia merusak seluruh tanaman.
Orang Koleris yang Kuat mengetahui segala-segala mengenai setiap persoalan dan dengan senang hati akan mengatakan kepada Anda lebih dari apa yang perlu Anda ketahui tentang apa saja. Dia bicara dalam kemutlakan dan cenderung melihat orang lain seakan-akan mereka boneka hadiah. Lebih baik Anda tidak menentangnya dalam situasi sosial karena dia suka bertengkar dan dia akan membuktikan bahwa Anda salah walaupun Anda benar. Anda akan merasa sulit melarikan diri dari buktinya dan mungkin dia mengikuti Anda ke mobil Anda, memaksakan logikanya sampai Anda menurut sependapat dengannya bahwa hitam adalah putih. Orang Koleris yang Kuat bisa didengar mengatakan hal-hal seperti:

“Saya sudah bilang.”
“Awas, Tolol!”
“Sama sekali tidak.”
“Jelas sekali.”
“Hanya orang tolol saja yang akan mengatakan hal seperti itu.”
“Pernahkah kau mempelajari sesuatu?”
“Kalau kau punya otak separuhnya saja, kau akan tahu bahwa aku benar.”
Bagitu Anda belajar mengenali orang Koleris yang Kuat, Anda akan tahu bagaimana cara berurusan dengan orang itu dalam suatu situasi sosial. Ajukan kepadanya pertanyaan yang sulit-sulit dan dengan terang-terangan perlihatkanlah bahwa Anda terkesan dengan jawabannya. Mengangguk-angguklah mendengar kebenaran hidupnya yang utama, dan dia akan mengingat Anda sebagai pembicara yang cakep sekali.
 


Melankolis yang Sempurna
Berlawanan dengan Sanguinis yang Populer dan orang Koleris yang Kuat yang masuk dengan ribut dan menonjolkan diri, orang Melankolis yang Sempurna akan masuk dengan diam-diam dan tidak mencolok. Orang itu berharap mudah-mudahan tidak diperhatikan oleh siapa pun, dan wanita Melankolis yang Sempurna memastikan bahwa dia memakai barang berharga. Pria Melankolis yang Sempurna memang tidak menyukai pesta, dan dia menyesal telah menghadirinya saja. Orang Melankolis yang Sempurna cenderung suka berdiri di tepi kelompok dengan tangan di dalam saku, dan dia tidak mengambil kursi kecuali kalau secara khusus dipersilakan duduk. Dia tidak pernah ingin menyinggung perasaan siapa pun, dan dia tidak pernah ingin memberi kesempatan kepada nyonya rumah untuk mengatakan sesuatu yang mencelanya di kemudian hari. Dia sering menerima dengan sepenuh hari pernyataan sambil laluyang dikeluarkan oleh Sanguinis yang Populer, dan dia mungkin merasa agak tertekan serta tidak mau bicara sepanjang sisa sore itu. Pada kesempatan pertama, dia akan menyeret istrinya keluar melalui pintu depan dan kembali ke rumahnya sendiri yang aman, sambil bertanya-tanya dalam hati mengapa tadinya dia mau pergi.
Orang Melankolis yang Sempurna merasa sulit menerima pujian dan biasanya menjawab dengan komentar seperti:
“Anda menyukai barang usang ini?”
“Saya selamanya membenci rambut saya.”
“Oh, Anda baru saja mengatakan itu. Itu benar-benar mengerikan.”
“Saya sebenarnya sama sekali tidak baik dalam hal ini.”
Karena orang Melankolis yang Sempurna sering mempunyai citra diri yang negatif, dia cenderung mengatakan:
“Tidak banyak harapan untuk seluruh proyek ini.”
“Kalau saya mujur pun, ini akan berantakan.”
“Saya tidak akan bisa menjadi ketua.”
“Saya tahu bahwa seluruhnya salah sejak awal.”
“Mungkin saya akan merusak seluruh acara makan malam.”
“Saya rasa mereka tidak menginginkan sayang sebagai anggota komite.”
“Saya tahu saya akan memakai sesuatu yang salah.”
“Saya tidak tahu apa yang harus dikatakan.”
“Ingin sekali saya tetap tinggal di rumah saja.”
Begitu Anda mengenal seorang Melankolis yang Sempurna, Anda tahu bahwa dia akan menghargai cara pendekatan yang serius dan tulus. Orang melankolis yang Sempurna tidak menyukai kalau Anda menarik perhatian orang lain kepada dirinya. Dia lebih suka melakukan percakapan yang cerdik pada suatu sore daripada harus berpindah-pindah dari satu orang ke orang lainnya seperti yang dilakukan oleh Sanguinis yang Populer.
 


 Phlegmatis yang Damai
Orang Phlegmatis yang Damai masuk perlahan-lahan, sambil tersenyum simpul, merasa senang karena begitu penting itu. Dia melayangkan pandangan sambil lalu kepada kelompok dan berharap dia akan bisa tetap terjaga. Karena dia yakin bahwa tidak ada orang yang akan mau berdiri kalau sudah duduk, dan tidak akan mau duduk kalau orang bisa berbaring, maka sebagai akibatnya dia menuju kursi paling empuk yang bisa ditemukannya. Dia terperenyak ke bantalan kursi dan mengelumpruk seperti karung guni kosong di muka mata Anda. Dia mengahadpi acara sore itu dengan santai dan rileks, banyak menguap, dan mngkin bahkan tertidur. Kalau orang Phlegmatis yang Damai secara tidak sengaja terlibat dalam percakapan di sore hari itu, biasanya dia akan melontarkan komentar bijak pada waktu yang tepat. Kepingan-kepingan humor yang kering ini sering tidak diperhatikan karena disisipkan dengan cara yang tidak mencolok, dan orang benar-benar harus menunjukkan perhatian untuk bisa menangkap maknanya yang halus.
Karena Sanguinis yang Populer lebih suka santai daripada kelihatan mengerahkan tenaga, dan karena dia tidak punya perjuangan yang berkobar-kobar untuk dipromosikannya, dia cenderung bicara dengan klise yang agak masa bodoh.
“Apakah itu penting?”
“Yah, begitulah cara bola menggelinding.”
“Nah, jangan kita diresahkan oleh apa yang tidak ada.”
“Selamanya selalu begitu, dan mengapa kita harus mengubah segala-galanya sekarang?”
“Mengapa harus repot-repot?”
“Kedengarannya seperti kerja yang terlalu keras.”
Orang Phlegmatis yang Damai cenderung suka berkelompok antara sesamanya dalam pesata-pesta dan duduk diam-diam. Ada kesenangan tertentu dalam mengetahui bahwa mereka tidak mengharapkan apa pun antara satu dan lainnya, dan bahwa mereka bisa sama-sama menikmati penerimaan atas status quo dari sesamanya. Kalau Anda mencari pendengar atau seseorang yang tidak akan bertengkar dengan Anda, cobalah orang Phlegmatis yang Damai. Anda akan menyukainya.
Pada kesempatan berikutnya Anda mengikuti suatu pertemuan, layangkan pandangan berkeliling dan lihatlah wanita Sanguinis yang Populer menangkap setiap pria yang bisa diraihnya dan mencerocos dengan cerita yang menyenangkan. Perhatikanlah pria Koleris yang Kuat yang dengan tegas mengatakan kepada orang lain bagaimana cara merapikan bisnisnya, supaya mereka bisa sukses seperti dia. Perhatikanlah wanita Melankolis yang Sempurna, yang duduk dengan manis dan merasa tidak aman, sementara kaum pria tertarik oleh jiwanya yang halus dan lemah lembut (dan dia berharap mereka tidak mengatakan hal-hal yang manis hanya untuk menyenangkan). Kemudian temukan orang Phlegmatis Damai yang santai di muka TV dalam ruang keluarga, berharap tidak ada orang lain yang akan menemukannya. Jangan heran kalau mata orang itu setengah tertutup dan dia berkata kepada dirinya sendiri, Pesta ini sama sekali tidak jelek
Pengetahuan tentang watak-watak bisa membantu kita masing-masing untuk berfungsi secara lebih baik dalam situasi sosial, untuk bercakap-cakap dalam cara yang semestinya dan menyenangkan bagi setiap orang yang hadir, serta memahami apa yang positif dan negatif pada diri orang lain. Sejak saat ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak kesenangan sementara Anda belajar menemukan tukang bicara, orang yang suka bertindak, pemikir, dan pengamat. Bukankah sangat menyenangkan karena kita semua tidak diciptakan serupa?
Kalau orang bijaksana kau nasihati, ia akan menjadi lebih bijaksana. Dan kalau orang taat kepada Allah kau ajar, pengetahuannya akan bertambah.
 


Kalau ada yang kurang jelas, boleh ditanyakan ya. Feel free to ask =) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Language