Pages

Jumat, 04 November 2011

SPESIES-SPESIES HIU DI DUNIA

1.      Hiu Seksi
 
Spesies baru ini diberi nama Hydrolagus Melanophasma atau nama lainnya adalah hiu hantu hitam. Hiu ini ditemukan di perairan california. Tidak seperti hiu pada umumnya, hiu jantan memiliki organ yang seksual pada dahimya berbentuk seperti tanduk.

2. Rare Shark
 
Ditemukan Hiu Prasejarah yang langka di Jepang.










3.  Whale Shark
Whale Shark, Rhinoodon Typus adalah hiu terbesar di dunia. Meskipun besar, hiu paus (Whale Shark) ini juga bukanlah pemangsa, mereka adalah hiu yang bergerak lambat yang hanya memakan phytoplankton atau binatang yang sangat kecil yang hidup di laut.
Hiu Paus ini dapat hidup sehingga 41 kaki dan berat hingga 15 ton. Hiu paus ini sama seperti hiu lainnya yang dapat di temukan di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.


4. Basking Shark

Hiu Basking, Cetorhinus Maximus adalah salah satu hiu yang sangat besar dan menjadikan hiu basking ini menempati posisi terbesar ke 2 dunia. Hiu Basking ini dapat hidup sepanjang 40 kaki dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 ton. Akan tetapi meskipun berbadan besar, hiu janis ini cenderung lambat dan bukanlah predator/pemangsa.

5. Great White Shark

Great White Shark, Carcharodon Carcharias, adalah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Hiu ini dapat hidup sepanjang 26,2 kaki dan berat hingga 5ooo 1bs (2267.96 kg). Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis species Carcharodon. Hiu ini dapat di temukan di dekat pantai di semua lautan, jadi jika kalian lagi liburan, pastikan untuk tidak berenang bersama jenis ini.

6. Tiger Shark
Tiger Shark, Galeocerdo Cuyier menempati urutan ke 4 hiu terbesar di dunia dengan panjang hingga 243 kaki. Hiu besar ini mampu hidup hingga 2ooo 1bs (907.18 kg) dan sangat terkenal dengan kekejamannya.
Tidak hanya memakan semua jenis kehidupan di laut, tetapi mereka (Tiger) juga terkenal sering menyerang perenang. Sesuai namanya, hiu ini sangat mirip dengan corak harimau, mereka biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa, tetapi lebih cenderung di sekitar perairan Pasific.

7. Pacific Sleeper Shark


Hiu Pasific Sleeper, Somniosus Pacifilus, adalah hiu terberat lainnya yang dapat hidup sepanjang 23 kaki dan berat hingga 8oo 1bs (362,87 kg). Satu hal yang membuat hiu jenis ini menarik adalah mereka termasuk salah satu dari sedikit jenis hiu yang dapat di temukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Mereka biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 65oo kaki di bawah permukaan laut.

8. Greenland Shark

Hiu Greenland Shark dengan nama latin Somniosus Microcephalus atau di kenal dengan sleeper shark, gurry shark, ground shark, grey shark atau Inuit Eqalussuaq. Hiu ini adalah hiu yang besar dan dapat di temukan di sekitar perairan Atlantic Utara, terlebih banyak di dekat Greenland dan Iceland.
Hiu jenis ini dapat hidup sepanjang 21 kaki dan hidup selama 2oo tahun. Jiu jenis ini terkenal dengan binatang bertulang punggung yang pernah hidup terlama. Mereka cenderung hidup di kedalaman 66oo kaki di bawah permukaan laut, akan tetapi hiu Greenland ini pernah tertangkap kamera di laut dangkal serendah 24 kaki.

9. Hiu Purba
Ikan Hiu Goblin yang disinyalir telah punah ternyata masih terdapat diperairan dalam laut Jepang. Hiu Goblin merupakan salah satu fenomena pirba yang masih bisa bertahan hidup hingga saat ini. Hewan sepanjang 1,3 meter ini memiliki warna tubuh abu-abu serta bentuk yang unik dengan moncong pipih dan panjang. Predator laut biasanya hidup di kedalaman 150 hingga 200 meter. Namun, secara tidak sengaja muncul di dekat kapal motor yang ditumpangi sejumlah staf Taman Kehidupan Laut Tokyo bersama para nelayan lokal. Hiu Goblin sering tertangkap jaring nelayan beberapa kali sebelumnya namun jarang sekali dilaporkan dalam keadaan hidup. Sejauh ini, informasi ilmiah mengenai hiu goblin masih sangat terbatas. Meski demikian hewan ini masih eksis, masih ada perairan Jepang dan lagi-lagi berhasil terekam oleh kamera.

10. Great Hammerhead Shark
 
Great Hammerhead, Sphyma Mokarran adalah hiu terbesar dari semua janis hiu Hammerhead yang dapat hidup sehingga 20 kaki. Great Hammerhead dapat di temukan di seluruh dunia layaknya hiu-hiu yang hidup di perairan khatulistiwa. Berbeda dengan hiu lainnya, hiu Great Hammerhead ini merasa manusia sebagai bahaya, mereka (Great Hammerheads) bersifat sedikit lebih pemalu di banding hiu-hiu-hiu lain dan sering kali terlihat menghindari manusia. Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh manusia adalah jenis betina dengan berat 128o (580,59 kg).

11. Hiu Gergaji
Hiu Gergaji ini memiliki posisi insang yang unik, biasanya insang ikan hiu berada di samping lehernya, tapi hiu ini memiliki posisi insang di bawah tubuh mereka. Gaya hidup ikan hiu ini mirip dengan ikan todak/ikan pari.

12. Hiu 700kg di temukan di AFSEL
 
Nelayan yang menanyakan apakah ini adalah hiu putih besar , besar yang telah mencuri hasil tengkapan mereka, dan menakutkan pria-pria peselancar. Menakutkan, ilmuwan yang membedah hiu perempuan mengatakn itu remaja dan belum dewasa, The Daily Telegraph Laporan.
Namun, hal itu sudah berkembang beratnya sekitar 7ookg ketika tertangkap dalam jaring. Konservasi otoritas berusaha menyelamatkan makhluk bingung oleh derek itu ke laut untuk berenang kembali, lalu hiu itu menjadi kusut lagi dan meninggal.
Surat kabar Afrika Selatan Saksi menguntip seorang nelayan setempat yang percaya itu mungkin telah menjadi hiu yang sama melanggar dekat ski durfing dan mencuri barakuda ia telah reeling masuk. Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa itu tak mungkin “hiu jarang tinggal di daerah yang sama untuk waktu yang lama-lama katanya. Mereka juga mengatakan itu bukan hiu terbesar yang pernah tertangkap di daerah tersebut.

13. Walking Shark

Sebuah hiu berjalan mencari kesempatan lantai Teluk Cenderawasih di Indonesia pada tahun 2006. Meskipun spesies baru bisa berenang, itu sering menggunakan sirip untuk “berjalan” di sepanjang terumbu karang dan pesta pada ikan kecil, kepiting, siput, dan udang. ( Video: Watch hiu berjalan berjalan. )
Salah satu sensasi terbesar dari 20 tahun pertama penelitian RAP, hiu intrik ilmuwan serta berjalan publik. Para ahli biologi percaya bahwa berjalan hiu mungkin model-model untuk binatang pertama yang membuat transisi dari laut ke darat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Language